Dalam rangka mengimplementasikan PM 192 tahun 2015 tentang penerapan Inaportnet untuk pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan, dibutuhkan rencana informasi tentang angkutan laut dan di pelabuhan guna menjamin ketersediaan informasi untuk pengguna jasa di Indonesia. Inaportnet itu sendiri adalah system informasi layanan secara elektronik berbasis internet yang mengintegrasikan sistem informasi angkutan laut dan kepelabuhanan dengan standar guna melayani kapal dan barang bagi seluruh instansi terkait atau pemangku kepentingan di Pelabuhan (termasuk sistem badan usaha Pelabuhan, pergerakan PBM, JPT, dan terminal operator).

Oleh karena itu, BPPTL Jakarta Bersama dengan dan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Hubla bekerja sama untuk menyelenggarakan diklat dalam rangka memberikan pelatihan dan pemahaman bagi para operator. Diharapkan pelatihan ini dapat membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Sistem informasi yang unggul dan berkompeten dalam mendukung penuh program pemerintah untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, khususnya program strategis Nasional dalam rangka mewujudkan sistem informasi angkutan laut dan kepelabuhanan.

Pembukaan Diklat ini dihadiri oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc. didampingi oleh Kepala BPPTL Jakarta, Capt. Heru Susanto, MM dan Bapak Eko Sudarmanto sebagai Kasubdit Sistem Informasi dan Sarpras Angkutan Laut. Turut dihadiri oleh Capt. Rudi Susanto, M.Pd selaku perwakilan Kepala Pusbang SDM Perhubungan Laut.