Sejumlah 461 lulusan BPPTL Jakarta yang memiliki kompetensi di bidang pelayaran telah dilantik pada hari Jumat (27/12). Proses pelantikan dipimpin langsung oleh Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara Pelantikan ini dihadiri oleh Sekretaris BPSDM Perhubungan, M. Popik, Montanasyah; Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM; Kepala BPPTL Jakarta, Capt Dian Wadiana, M.M; Anggota Dewas, Drs. R. Moch. Atlap Noer Syamsoe, Direktur PIP Makassar yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPPTL, Capt. Sukirno M.M.Tr, serta tentunya para orang tua lulusan dan tamu undangan lainnya.

Kepala BPPTL Jakarta dalam Upacara Pelantikan ini membacakan Laporan Pendidikan. Pelaksanaan Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat III dilaksanakan pada periode Juli s.d Desember 2019 atau selama 22 minggu kalender sedangkan Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat IV dan V dilaksanakan pada periode September s.d Desember 2019 atau selama 16 minggu kalender. Peserta diklat yang dilantik terdiri atas ANT III yang berjumlah 15 orang, ATT III yang berjumlah 11 orang, ANT IV yang berjumlah 57 orang, ATT IV yang berjumlah 39 orang, ANT V yang berjumlah 209 orang, dan ATT V yang berjumlah 130 orang.

Mengangkat tema, “Bersinergi Membangun Konektivitas Negeri, A Synergy of Connectivity to Develop The Country” diharapkan seluruh lulusan dapat menjadi bagian dalam pengembangan sektor transportasi. Hal tersebut berkaitan dengan kualitas SDM transportasi yang mencerminkan wajah keunggulan suatu bangsa. Sektor transportasi merupakan kebutuhan dasar untuk menggerakkan sektor-sektor strategis. Peningkatan SDM transportasi harus sejalan dan sinergis dengan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Perhubungan berpesan kepada para lulusan yang telah mengikuti Diklat Peningkatan Pelaut di BPPTL Jakarta, diharapkan dapat memberikan pelayanan transportasi yang mengutamakan Safety, Security, Service, and Accesibility kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut dan dapat menjadi penyambung dan perekat seluruh wilayah di Indonesia.

Diakhir sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada perwira muda yang telah berhasil menyelesaikan Diklat Peningkatan III, IV dan V dilingkungan BPPTL Jakarta. Semoga sukses dan kebahagian yang meliputi suasana pelantikan kali ini menjadi pendorong semangat para lulusan dalam mengemban tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa di bidang transportasi laut.

Kepada keluarga para lulusan, saya ucapkan terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik putra-putrinya,serta selamat atas berhasilnya putra-putri sekalian dalam menyelesaikan pendidikan. Dharma Baktimu Telah Dinanti, mari kita bangun bangsa ini bersama sama. Selamat kepada seluruh Wisudawan, Semoga Sukses Selalu!

BPPTL JAYA!

Setelah upacara pelantikan telah usai, para Perwira Muda BPPTL Jakarta mempersembahkan Yel-Yel kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Kemeriahan acara dilanjutkan dengan Menarikan Tobelo para Perwira Muda BPPTL Jakarta beserta Para Pejabat dan Tamu Undangan yang berbaur bersama. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

BPPTL Jakarta dalam meningkatkan pelayanannya kepada penerima jasa BPPT dengan mengoptimalkan percepatan pelayanan Pencetakan Sertifikat. Segera setelah dilantik, para lulusan dapat langsung memperoleh Sertifikat Kompetensi/Ijazah (COC, Certificate of Competency), Sertifikat Endorsement (COE, Certificate of Endorsement), dan STTPK (Surat Tanda Tamat Pendidikan Kelautan).