Selasa, 14 Januari 2020. Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta melaksanakan Upacara Pembukaan Diklat yang berlangsung Di Aula Graha Samudera BPPTL Jakarta. Upacara Pembukaan Diklat dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Ir. I Nyoman Sukadyadnya, M.M selaku Inspektur Upacara.

Upacara Pembukaan ditandai secara simbolis dengan penyematan tanda peserta diklat kepada masing-masing perwakilan oleh Kepala Pusbang Laut.


Dalam sambutannya, Kepala Pusbang Laut menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Diklat, Peserta Diklat diharapkan untuk dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya selama menempuh pendidikan di BPPTL Jakarta. Karena hasil atau output yang diharapkan setelah Bapak/Ibu peserta menyelesaikan Diklatnya adalah bukan sertifikatnya, melainkan kejujuran, ketulus ikhlasan, dan implementasi Ilmu yang sesuai dengan apa yang Bapak/Ibu peroleh selama mengikuti Diklat di BPPTL Jakarta.



Kepada peserta Diklat Teknis Awal Dasar Dasar Kesyahbandaran, yang kedepannya akan menjadi calon-calon pemimpin. Siapkan diri untuk melayani masyarakat. “Dalam melaksanakan tugas itu seperti luasnya lautan, jika dilaksanakan dengan jujur dan ikhlas, saya yakin itu adalah nikmat”. Tolong diingat kepada para peserta, penanggung jawab keselamatan kapal di pelabuhan adalah regulator, yakni Syahbandar.

Dalam sambutan Kepala Pusbang Laut menyampaikan bahwa “BPPTL Jakarta adalah kebanggaan kami, sebagai sekolah kedinasan untuk mencetak Sumber Daya Manusia yang professional, beriman, dan beretika.” Diakhir sambutan, Kepala Pusbang Laut secara resmi membuka Diklat Teknis Awal Dasar Dasar Kesyahbandaran Ang. I & II, Diklat Maritime English Ang. I, serta Diklat TOE 3.12


Acara Pembukaan Diklat tersebut diakhiri dengan Pengucapan Selamat dan sesi forto bersama