Bertempat di Aula Graha Samudera Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta, dilaksanakan kegiatan Pembukaan Diklat Penanganan Muatan Berbahaya Angkatan IV, Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Angkatan IV, dan Pengukuran Kapal Angkatan II pada hari Jumat, 16 Oktober 2020. Dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Sahattua P Simatupang, MM., MH secara virtual, serta oleh Kepala BPPTL Jakarta, Capt. Heru Susanto, MM dan Kasie Gardik Fungsional, Asri Dwi Sulisstiana, S.Si.T., M.M.Tr.

Dalam sambutannya, Kepala PPSDMPL berpesan kepada peserta Diklat Penanganan Muatan Berbahaya, bahwa setiap personil yang menangani pelayanan barang dan kapal di pelabuhan harus memahami tentang penanganan barang berbahaya mengingat potensi resiko yang cukup besar dalam penanganannya. Sedangkan kepada peserta Diklat Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal beliau berpesan, agar dapat meningkatkan kemampuan mengingat bahwa setiap pelabuhan di Indonesia diberi hak dan wewenang sebagai tempat pendaftaran kapal. Sehingga dibutuhkan SDM yang memadai.

Kewenangan sebagai ahli ukur kapal kepada PNS yang telah lulus mengikuti diklat pengukuran kapal yang dibuktikan dengan sertifikat. Sehingga kepada peserta Diklat Pengukuran Kapal, diharapkan dapat mengikuti kegiatan diklat dengan baik sehingga dapat memegang gelar sebagai ahli ukur kapal sesuai dengan regulasi yang berlaku. Diakhir sambutannya, Kepala PPSDMPL berpesan untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan disetiap kondisi terutama ketika kegiatan Diklat berlangsung. Senantiasa memakai masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak antara satu dengan lainnya.