Sebagai upaya mewujudkan Program Pemerintah dalam mengembangkan kualitas SDM bagi masyarakat kurang mampu, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut Jakarta berkerjasama dengan KUD “Mina Sugih Mandiri” menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakata (DPM) Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM) yang diperuntukkan bagi 400 Nelayan yang merupakan masyarakat di Wilayah Desa Ujung Gebang, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu. Program DPM tersebut dilaksanakan dari tanggal 12 s.d 14 Februari 2020. 

Kegiatan DPM BST-KLM ini dibuka oleh Kepala BPPTL Jakarta, Capt. Dian Wahdiana, MM dan didampingi oleh Camat Sukra, Bapak Achmad. Pembukaan Diklat dibuka secara simbolis dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta. Dalam sambutannya, Kepala BPPTL Jakarta menyampaikan bahwa Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini merupakan Program Pemerintah yang memiliki sasaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai keselamatan dan keamanan dalam kegiatan pelayaran bagi para Nelayan di wilayah Desa Ujung Gebang, Sukra, Indramayu tersebut dalam bentuk sertifikasi kompetensi. Sehingga setelah peserta berhasil menempuh proses pendidikan dan pelatihan, Peserta akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi berupa Sertifikat BST-KLM.

Diharapkan dengan berlangsungnya Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini akan membawa manfaat dan peningkatan SDM bagi Nelayan sehingga nantinya akan membawa manfaat bagi daerah sekitarnya, maupun dalam meningkatan perekonomian masyarakat.