Rabu, 12 Februari 2020. Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta mengadakan Upacara Pengambilan Sumpah Para Lulusan Ujian Negara Radio Elektronika dan Operator Radio Umum (REOR) yang dipimpin oleh Ibu Lince Tampubolon, S.H., M.M Kepala Seksi Pelayanan Operator Radio yang dalam hal ini mewakili Direktur Radio dan Telekomunikasi KOMINFO bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Peserta yang ditetapkan untuk mengikuti Ujian Negara REOR pada periode ini tercatat berjumlah 26 orang dan lulus 21 orang serta dinyatakan lulus dengan persentase 80%. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Diklat ORU dihadiri oleh masing-masing pemuka agama para lulusan. Peserta diklat diambil sumpah nya sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing. Upacara dilanjutkan dengan Penyerahan Berita Acara Sumpah secara simbolis oleh Pembina Upacara kepada Perwakilan Siswa.

Dalam sambutan Pembina Upacara, beliau menyampaikan selamat atas keberhasilannya peserta yang telah lulus Ujian Negara REOR ini setelah melewati proses pembelajaran teori dan praktek dibidang radio komunikasi maritim, maupun peraturan perundang-undangannya. Semoga para lulusan selalu diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Beliau berpesan bahwa perlu diperhatikan bahwa setiap lulusan yang akan atau telah bekerja di sektor transportasi pelayaran, bahwa radio merupakan sarana sangat penting dalam memperlancar arus barang dan jasa serta lalu lintas manusia, untuk itu diperlukan perwira operator radio yang handal yang mengoperasikan perangkat dan sistem komunikasi pelayanan yang menggunakan media transmisi spektrum frekuensi radio.

Peserta dituntut untuk selalu mengembangkan kemampuan dan mengantisipasi kemajuan teknologi telekomunikasi sehingga dapat menunjang kelancaran pekerjaan saudara dikemudian hari. Para lulusan sebagai perwira diatas kapal, mempunyai tanggung jawab sangat besar terhadap kelancaran komunikasi radio dan terkait terhadap keselamatan pelayaran dipundak peserta. Upacara diakhiri dengan pemberian selamat dan sesi foto bersama.